Tahukah Anda Perbedaan Apartemen dengan Kondominium?

Jika kita lihat sekilas apartemen dan kondominium itu sama saja, benar bukan? Namun ternyata ada bedanya lho ! dan hingga saat ini masih banyak orang yang belum tahu persis perbedaan mendasar dari keduanya, ingin tahu? Baca juga : Green Pramuka City Apartemen Murah di Jakarta Pusat. Kondominium atau istilah singkatnya “Kondo” sebenarnya diambil dari bahasa inggris yakni “ Condominium “ kata ini merupakan hasil penggabungan dari dua kosa kata bahasa inggris yaitu “con” yang berarti bersama atau bergabung sedangkan kata “dominium” mengandung arti kepemilikan atau pengendalian, bisa di pahami ya !


Nah, jika kita lihat dari asal usul katanya, maka kondominium mengandung makna atau pengertian yang lebih mengacu pada hal-hal yang berkenaan dengan kepemilikan, jadi bukan jenis hunian. Beberapa orang juga ada yang berpendapat bahwa kondominium itu merupakan bentuk lain dari hak guna perumahan, dimana di Negara kita dikenal dengan istilah HGB atas rumah susun.

Sedangkan Apartemen seperti contohnya Green Pramuka City apartemen murah yang terletak di Jakarta Pusat, merupakan jenis tempat tinggal yang memiliki ciri atau model rumah susun, jadi sudah jelas perbedaan mendasar dari apartemen dan kondominium terletak pada penekanannya, dimana kondominium terletak pada hak, dan apartemen terletak pada bentuk fisik bangunannya.

Dan tahukah Anda bahwa gaya hidup bertempat tinggal di kondominium itu sudah ada sejak zaman romawi kuno, yang diperkirakan enam abad SM, lama banget ya ! kondominium itu tidak memiliki tanah, atap, atau jalan setapak sendiri seperti pada rumah biasa, namun penghuni atau pemilik kondominium memiliki hak penuh untuk melakukan apa saja terhadap kondominium yang dimilikinya, apakah itu mau di sewakan, dijual lagi kepada orang lain itu terserah mereka.

Sebagai gambaran lebih lanjut bahwa di kalangan para pegiat property pengertian kondominium juga seringkali dikaitkan dengan bentu kepemilikannya, jadi apartemen di pakai untuk menunjuk hunian vertical yang disewakan, sedangkan istilah kata kondominium dikaitkan kepada apartemen yang di jual untuk dimiliki oleh masing-masing dari penghuninya.

Kendati begitu, sekarang sudah banyak apartemen yang statusnya hak kepemilikan. Selain itu, dikenal pula istilah apartemen sewa dan apartemen servis.

Apartemen servis adalah apartemen yang disewakan berikut layanan harian (daily service) layaknya hotel. Sementara itu, apartemen sewa (nonservis), yakni apartemen yang disewakan, baik fully furnish maupun non-furnish, tanpa daily service.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel