4 Tips Meningkatkan Pemahaman Anda dalam Membaca

Tentu sudah banyak buku dan artikel-artikel, majalah baik itu melalui media offline maupun online yang telah membahas tentang cara membaca cepat tampaknya kurang memberi perhatian khusus terhadap masalah pemahaman. Para penulis seakan-akan beranggapan bahwa jika kecepatan membaca meningkat, tingkat pemahaman akan isi yang di bacanya dengan sendirinya akan semaki tinggi. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Biasanya seseorang membaca dengan sangat cepat dan akhirnya tidak menangkap isi bacaan secara utuh.

Tujuan utama membaca cepat adalah membantu Anda untuk memperoleh informasi yang lebih banyak dalam waktu yang terbatas.

Tindakan semacam ini menggelikan sekali, mengapa? karena tujuan kita membaca adalah mengerti isinya, benar bukan? Kalau Anda tidak memahami apa yang Anda baca, berarti Anda melakukan hal yang sia-sia. di khawatirkan  kecepatan membaca seseorang, seperti halnya IQ atau gelar akademisnya, yang menjadi semacam lambang status saja. Mungkin Anda pernah membaca yang mengumumkan tingkat kecepatan bacanya yang fantastis.

Sehubungan dengan ini, ada suatu cerita tentang seorang pekerja di Amerika yang selalu memperhatikan laki-laki perlente yang duduk di depannya setiap pagi dalam kereta api, ketempat kerjanya. Laki-laki necis tersebut selalu menyelesaikan teka-teki silang dalam harian "Times", dalam waktu 10 menit saja. Karena sangat terkesan dengan kecemerlangan otak orang tersebut, Suatu pagi Si pekerja mengambil korann tersebut setelah Si perlente meninggalkan tempat duduknya. Memang benar, setiap kotak dalam teka-teki itu terisi, tetapi bukan diisi dengan kata-kata yang ada artinya, melainkan dnegan hurf-huruf saja. Jadi aksi rutin selama 10 menit setiap pagi itu tidak lebih dari tindakan pura-pura untuk memberi kesan "hebat" di hadapan publik yang tidak saling mengenal itu.

Membaca cepat, agar tidak menjadi aksi suatu aksi palsu, harus disertai dengan pemahaman yang utuh akan materinya. Karena itu, sesungguhnya tujuan utama membaca cepat adalah membantu Anda untuk memperoleh informasi yang lebih banyak dalam waktu yang terbatas.

4 Tips Meningkatkan Pemahaman Anda  dalam Membaca

  1. Bacalah dengan cepat, untuk menemukan pokok-pokok pikiran. Jangan membaca dengan cara menyuarakan tulisan-tulisan dalam bacaan, menelusuri kata demi kata dengan jari tangan, atau membaca ulang kata-kata yang telah terlewati.
  2. Ingatlah bahwa setiap penulis bermaksud mengatakan sesuatu. Semakin cepat Anda menemukan tema, maksud dan titik pusat karya seseorang penulis, semakin tinggi tingkat pemahaman Anda.
  3. Mengadakan tinjauan awal atas bahan yang akan di baca, akan memperkuat pemahaman Anda. Jangan menganggap bahwa daftar isi, pendahuluan, kata pengantar, dan subjudul sebagai tambahan saja. Jika Anda mengetahui gambaran keseluruhan sebuah buku atau artikel sebelum membacanya, pemahaman Anda akan lebih sempurna dan lebih mudah di peroleh.
  4. Terapkanlah teknik tanya jawab. Segera setelah Anda selesai membaca sebuah buku, sebuah bab, atau sebuah artikel, buatlah pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isinya, lalu jawablah.
Dengan memperhatikan 4 tips tersebut diatas, idealnya Anda dapat membaca secara cepat sekaligus mendapat pemahaman yang utuh tentang apa yang sedang Anda baca. Semoga manfaat.
Sumber*: Mental Dinamics, Oleh K.Thomas Finley

0 Response to "4 Tips Meningkatkan Pemahaman Anda dalam Membaca"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel