Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter, Bikin Konsultasi Kesehatan Jadi Lebih Mudah

Konsultasi kesehatan ke dokter kini jauh lebih mudah berkat adanya aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter. Anda bisa mengakses aplikasi ini hanya menggunakan smartphone di genggaman. Bahkan aplikasi ini memungkinkan siapa saja memesan obat yang direkomendasikan oleh dokter kapan saja dan dari mana saja.

Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter, Aplikasi Bantuan Kesehatan Terkini

Halodoc merupakan aplikasi smartphone yang menawarkan layanan komprehensif di bidang medis. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk bisa berkonsultasi langsung dengan dokter hanya dengan bermodalkan chatting, video call maupun telepon. Layanan konsultasi melalui aplikasi seperti ini tentu sangat praktis dan memudahkan masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal jauh dari fasilitas layanan kesehatan maupun yang tak memiliki waktu untuk konsultasi langsung ke klinik.

Halodoc Konsultasi Dokter sendiri awalnya diprakarsai oleh Jonathan Sudharta. Ia mendirikan Halodoc pada April 2016 terinspirasi dari adanya kesenjangan antara akses layanan dokter dan apotek di masyarakat. Halodoc pun hadir guna memudahkan interaksi antara pasien dan dokter menggunakan layanan aplikasi.


Uniknya, Halodoc menawarkan layanan konsultasi dokter gratis dan konsultasi berbayar yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Sebagian dokter di Halodoc menerapkan tarif konsultasi sekitar Rp. 31.250 per menit. Karena setiap dokter memiliki jam kerja berbeda-beda, Anda harus menyesuaikan jadwal tersedia bila ingin berkonsultasi.

Fitur Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter

Menu utama aplikasi halodoc
Menu Utama Halodoc

Selain bisa berkonsultasi dengan dokter, Halodoc Konsultasi Dokter juga menyediakan beberapa fitur unggulan yang membedakannya dari aplikasi kesehatan lainnya. Fitur unggulannya seperti :

1.    Hubungi Dokter

Fitur Hubungi Dokter bisa dipakai untuk berkonsultasi dengan dokter umum maupun dokter spesialis perihal permasalahan kesehatan seharian penuh setiap hari. Setidaknya ada sekitar 20 ribu dokter umum dan spesialis yang bekerja sama dengan Halodoc. Semua dokter tersebut sudah memiliki Surat Izin Praktik (SIP) dan Surat Tanda Registrasi (STR) dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Setiap pengguna aplikasi memiliki kesempatan konsultasi sekitar 60 menit per sesi. Untuk penggunaan pertama, biasanya Anda akan mendapatkan gratis konsultasi selama 30 menit.

2.    Apotik Antar

Selain Hubungi Dokter, Halodoc Konsultasi Dokter juga menyediakan fitur Apotik Antar. Fitur ini akan membantu pengguna aplikasi dalam pemesanan obat dan vitamin. Anda bisa memesan obat-obatan dengan mudah tanpa harus pergi ke Apotek. Demi menjaga kualitas pelayanan, Halodoc bekerja sama dengan lebih dari seribu apotek di sekitar 30 kota yang sudah memiliki Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA) dan Surat Izin Apotek (SIA).

Hebatnya, Halodoc juga bekerja sama dengan layanan Gojek sehingga obat dan vitamin yang Anda pesan akan langsung diantar ke rumah secara gratis. Batas pembelian obat melalui aplikasi Halodoc ini minimal Rp. 10.000. Obat-obatan yang disediakan pun cukup beragam, mulai dari obat kulit, pereda nyeri, antibiotik, obat mata, anti peradangan, obat herbal, obat alergi, kontrasepsi hingga peralatan kesehatan.

3.    Lab Service

Sering kesulitan menentukan jadwal cek laboratorium? Gunakan fitur Lab Service yang akan membantu Anda melakukan reservasi cek laboratorium. Untuk layanan cek laboratorium yang disediakan adalah layanan dari Prodia. Petugas laboratorium Prodia nantinya akan mengunjungi rumah Anda untuk pengambilan sampel darah yang nantinya akan diperiksa di laboratorium Prodia. Layanan ini baru tersedia di beberapa kota sehingga pengguna perlu memperhatikan apakah kota tempat tinggalnya sudah tercakup di dalamnya.

Sebelum melakukan reservasi cek laboratorium, sebaiknya membaca keterangan dan persyaratan yang diperlukan terlebih dahulu. Setiap uji lab memiliki persyaratan tersendiri terutama apa saja sampel uji lab yang harus diambil. Apakah harus mengambil sampel urin, darah atau sampel yang lain. Termasuk persyaratan berapa lama pengguna aplikasi harus berpuasa sebelum pengujian dilakukan.

Masing-masing lab yang ada di Halodoc Konsultasi Dokter memiliki tarif berbeda. Pengujian yang dilakukan pun bervariasi, mulai dari uji alergi, general check up, uji dengue, uji premarital, uji hepatitis, uji kesehatan liver, uji STD dan pengujian lainnya. Anda bisa menentukan jadwal pengambilan sampel oleh tim medis sesuai keinginan.

4.    Booking Jadwal Konsultasi Rumah Sakit

Fitur ini memungkinkan masyarakat untuk booking online jadwal konsultasi di rumah sakit yang diinginkan. Anda bisa memilih salah satu dari sekian banyak dokter umum dan spesialis yang ada di rumah sakit pilihan Anda. Kemudian menentukan tanggal dan jam kedatangan sendiri sehingga tak perlu lagi repot-repot mengantri. Untuk mencari rumah sakit yang ada di sekitar kita pun cukup mudah yakni dengan mengaktifkan GPS.

Bukan hanya fitur-fitur di atas saja yang bisa ditemukan di dalam aplikasi Halodoc. Anda juga bisa menemukan fitur-fitur berikut ini :
  • Integrasi dengan asuransi kesehatan pengguna.
  • Integrasi dengan layanan Gojek untuk pengiriman obat yang dipesan.
  • Wallet Halodoc untuk mengisi saldo pengguna.
  • Koleksi artikel kesehatan bermanfaat.

 Kelebihan Aplikasi Halodoc

beberapa kelebihan aplikasi konsultasi halodoc

Berkat adanya aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter kini menjaga kesehatan tubuh jadi lebih mudah. Kehadiran aplikasi kesehatan ini membuat semua urusan layanan kesehatan jadi lebih nyaman, mudah dan ringkas. Anda bisa mendapatkan penanganan kesehatan lebih cepat oleh dokter profesional. Hanya berbekal aplikasi Halodoc di smartphone, pengguna sudah bisa berkonsultasi dengan dokter, membeli obat, pemeriksaan laboratorium, menjadwalkan pemeriksaan di rumah sakit hingga perlindungan kesehatan.

Aplikasi Halodoc memiliki sistem dokumentasi yang lengkap. Semua percakapan yang dilakukan dengan dokter, catatan pembelian obat hingga hasil cek laboratorium akan terdokumentasi dan bisa diakses kembali di kemudian hari melalui akun pengguna. Jadi, Anda bisa mengingat kembali apa rekomendasi dokter meski konsultasi dilakukan beberapa waktu sebelumnya. Bahkan pengguna aplikasi bisa mengunggah resep obat rekomendasi dari dokter melalui layanan Beli Obat atau Apotik Antar. Uniknya lagi sudah disediakan fitur Reminder yang akan mengingatkan pengguna aplikasi agar tak lupa minum obat.

Cara Menggunakan Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter

pendaftaran aplikasi halodoc

Cara menggunakan aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter tidaklah sulit. Pengguna smartphone Android maupun iOS bisa menggunakan aplikasi ini. Agar bisa menggunakan aplikasi kesehatan ini, Anda harus mendaftar guna membuat akun terlebih dahulu. Caranya yakni sebagai berikut :
  1. Unduh aplikasi Halodoc dari Google Play atau iTunes Appstore. Kemudian install di smartphone.
  2. Buka aplikasi Halodoc lalu pilih “Get Started/Mulai Sekarang”.
  3. Mulai pendaftaran dengan memasukkan nomor handphone yang hendak didaftarkan.Hindari menuliskan angka 0 (nol) di depan nomor yang diinputkan. Contohnya seperti nomor handphone 08123456 maka penulisannya menjadi 8123456. Lalu klik “Verifikasi/Verify”.
  4. SMS berisi kode verifikasi (OTP) akan dikirimkan dan langsung di copy-paste secara otomatis ke dalam aplikasi.
  5. Apabila verifikasi otomatis gagal, Anda harus memasukkan kode verifikasi yang ada di dalam SMS secara manual. Lalu, klik “Konfirmasi/Confirm”.
  6. Setelah proses verifikasi berhasil, selanjutnya Anda perlu mengisi data profil melalui menu “Profil/Profile”.
  7. Klik logo berbentuk pensil berwarna biru kemudian isi data Anda secara lengkap.Nah, aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter pun sudah bisa digunakan. Di layar utama aplikasi Halodoc terdapat berbagai pilihan menu seperti booking uji lab, chat dengan dokter online, beli obat maupun booking rumah sakit. 

Cara Top-Up Akun Halodoc

pilihan top up aplikasi halodoc

Setidaknya hingga saat ini Halodoc Konsultasi Dokter sudah membuka layanan aplikasi kesehatan dan pemesanan obat online di 50 kota di Indonesia. Kota-kota tersebut adalah Banda Aceh, Bali, Balikpapan, Bandung, Banjarmasin, Banyuwangi, Batam, Belitung, Bukittinggi, Lampung, Cilacap, Cirebon, Jember, Jambi, Jakarta, Gresik, Garut, Jombang, Karawang, Kediri, Madura, Madiun, Makassar, Magelang, Malang, Mataram, Manado, Medan, Mojokerto, Palembang, Padang, Pasuruan, Pekanbaru, Pekalongan, Pematang Siantar, Probolinggo, Pontianak, Purwakarta, Purwokerto, Semarang, Salatiga, Samarinda, Sidoarjo., Serang, Solo, Sukabumi, Surabaya, Sumedang, Tegal, Tasikmalaya, Yogyakarta. Untuk bisa memanfaatkan layanan Halodoc di kota-kota tersebut, Anda perlu mengisi saldo akun terlebih dahulu. Caranya yakni seperti berikut :
  1. Pengisian saldo Wallet Halodoc bisa dilakukan menggunakan metode Virtual Account Bank Mandiri, kartu kredit, DOKU Wallet, EPay BRI, ATM Bersama atau Virtual Account Bank BCA. Nilai top-up yang bisa dipilih mulai dari Rp. 10.000.
  2. Masuk ke menu utama kemudian pilih menu berbentuk 4 kotak yang terletak di kanan bawah (menu “More”). 
  3. Pilih nominal top-up yang diinginkan atau bisa juga dengan mengetik manual (minimal Rp. 10.000).
  4. Lalu, pilih “Add Money”.
  5. Pilih “Top Up” sebagai metode pembayaran. 
  6. Jika memilih metode pembayaran menggunakan kartu kredit, jangan lupa mengisi nomor kartu dan kode CVV serta tanggal kadaluarsa kartu kredit. Kemudian centang pilihan “Securely Save Card Details” untuk menyimpan informasi kartu di dalam aplikasi (opsional).

Cara Konsultasi dengan Dokter Melalui Halodoc

cara memilih dokter di aplikasi halodoc

Setelah melakukan top-up, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter pilihan di Halodoc Konsultasi Dokter. Caranya yakni :
  1. Pilih menu “Hubungi Dokter” di layar utama aplikasi. 
  2. Daftar dokter mitra Halodoc yang tersedia akan muncul lengkap dengan keterangan spesialisasi masing-masing. Di bawah nama dokter tersebut berisi informasi lengkap mengenai pengalaman kerja, ketersediaan dokter, riwayat pendidikan dan lokasi praktek dokter.
  3. Untuk memulai konsultasi, klik ikon “REQUEST”. Sesi konsultasi biasanya dimulai dengan chat. Apabila dokter mengaktifkan fitur video atau voice chat barulah Anda bisa menggunakan fitur tersebut.
  4. Biaya yang harus Anda bayarkan untuk sesi konsultasi dengan dokter akan muncul di menu “Hubungi Dokter”. Anda bisa berkonsultasi secara gratis bila terdapat ikon FREE di keterangan biaya konsultasi atau ketika dokter tak membebankan biaya konsultasi ke Anda.
 Selain menggunakan aplikasi smartphone, Halodoc Konsultasi Dokter juga bisa diakses melalui PC atau laptop secara online. Fitur-fiturnya tak jauh berbeda seperti Buat Janji Dokter, Tanya Dokter dan lainnya. Dari sisi kepraktisan, tentu aplikasi Halodoc di smartphone jauh lebih ringkas daripada di desktop. Tampilan halaman utama aplikasinya juga bersih, enak dilihat dan sederhana. Menunya mudah dipahami meski baru pertama kali memakai aplikasi ini. baca juga : Aplikasi Kasir Toko Android dengan Fitur Laporan Keuangan

Ketika memanfaatkan fitur chat, jangan heran bila respon dokter kurang maksimal. Hal itu bisa disebabkan karena dokter menangani beberapa pengguna sekaligus atau bisa juga karena lambatnya koneksi internet. Selebihnya, aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter terbilang sangat bermanfaat terutama ketika Anda sedang membutuhkan penanganan masalah kesehatan yang tak memungkinkan bepergian ke klinik. Biaya konsultasinya juga lebih murah daripada konsultasi langsung ke klinik dokter spesialis.

0 Response to "Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter, Bikin Konsultasi Kesehatan Jadi Lebih Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel