Sail Sabang 2017 - Wisata Apik di Ujung Barat Nusantara

Sail sabang 2017 adalah perhelatan besar yang sangat dinanti-nantikan setiap tahunnya oleh para tavellers, backpacker baik domestic maupun mancanegara, bagaimana dengan Anda? Sail Sabang 2017 diselenggarakan dihujung tahun 2017 tepatnya tanggal 28 November s/d 5 Desember 2017 mendatang,  yang merupakan rangkaian Sail Indonesia dari tahun ke tahun dan Sail Sabang merupakan seri ke 9 dari Sail Indonesia.

Sail Sabang 2017

Secara garis besar Event Sail atau Sail Sabang 2017 ini adalah turnamen reli yacht dimana setiap pesertanya akan berlayar mengarungi samudera dari kota Darwin (Australia) dan akan bertolak menuju ke berbagai destinasi wisata yang ada di Nusantara dan kabar baiknya kali ini Kota Sabanglah yang menjadi tuan rumah dari Event Sail Indonesia ke 9.

Untuk Tema atau tagline dari Sail Sabang 2017 adalah “Sabang Sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional” Sail Sabang 2017 ini merupakan event yang tepat bagi Pemerintah daerah Aceh guna mempromosikan potensi-potensi wisata seperti wisata bahari atau yang lainnya yang ada di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, terutama di Kota Sabang dan Pulau Weh sebagai ujung paling barat dari Wilayah Republik Indonesia.


Dalam menyongsong perhelatan akbar ini tentunya Pemerintah Pusat, Provinsi dan daerah akan bahu-membahu untuk mempersiapkan sebaik mungkin guna menyukseskan Sail Sabang 2017, rangkaian perispan tersebut bisa dilihat dengan mempersiapkan infrastruktur seperti membangun hotel baru dan melakukan pembenahan-pembenahan berbagai destinasi wisata yang ada, dengan dukungan dan atau full support dari Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata tyerhadap pemerintah setempat akan menentukan keberhasilan pagelaran Sail Sabang 2017.

Jadwal Resmi Pelaksanaan Sail Sabang 2017

Seperti telah disinggung di awal bahwa event tahunan Sail Sabang 2017 inis ecara resmi digelar pada tanggal 28 November s/d 05 Desember 2017, dimana puncak acaranya akan berlangsung di Teluk Sabang dan akan dihadiri dan dibuka langsung Presiden RI Bapak Joko Widodo. Sampai saat ini tercatat sedikitnya ada 87 peserta rally yacht yang telah menyatakan untuk berpartisipasi dalam event ini, dimana target pemerintah minimal 100 peserta.

Rute Sail Sabang 2017

Adapun rute perjalanan dari rally yacht ini dimulai dari Darwin Australia, dan persinggahan awal untukpat check poin pertama yakni di pelabuhan Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, selanjutnya perjalanan akan dilanjutkan menuju Alor – Komodo – Lombok – Bali – Banyuwangi – Karimunjawa – Kumai – Manggar – Pulau Ketawai – Bintan dan Sabang sebagai titik terakhirnya.
Tempat Wisata Apik di Kota Sabang

Kota Sabang di pecaya sebagai tuan rumah Sail Indonesia yang ke-9 ini tentunya punya alasan tersendiri, apa itu? Kepulauan ini ternyata menyimpan begitu banyaknya potensi pariwisata yang menarik dan menawan di Pulau Weh sebagai pulau terbesarnya. Setidaknya ada 7 destinasi wisata yang paling banyak diminati oleh para backpacker lokal maupun mancanegara, ini dia beberapa diantaranya :

1. Air Terjun Pria Lot
Daya tarik air terjun pria lot yang berada di bagian selatan pulau weh dan berjarak sekitar 12 km dari kota Sabang ini adalah merupakan air terjun yang masih sangat alami dan dikelilingi bukit-bukit berbatu sehingga menambah kesan asri dan kealamiannya. Dan yang unik dari menarik lainnya terdapat sebuauah kolam penampungan yang memiliki ukuran sekitar 10 meyter dengan kedalaman 1 hingga 2  meter yang membuat Anda bisa berlama-lama berendam di dalamnya. Anda penasaran? Silahkan kunjungi langsung Air Terjun Pria Lot di Pulau Weh, dan buktikan keasriannya.

2. Danau Aneuk Laot
Saat Anda datang menyaksikan Sail Sabang, sempatkan untuk berkunjung ke danau Aneuk Laot dan nikmati kenyamanan berwisata disana. Anda akan merasakan udara yang segar yang menyatu dengan indahnya panorama alam. Bagi Anda yang hobi fotografi, di danau ini banyak sekali spot-spot yang bagus untuk diabadikan dengan kamera kesayangan Anda. Sekedar tip bagi Anda yang tertarik mengunjungi danau Aneuk Laot, waktu yang paling tepat berwisata kesana yakni menjelang sore hari, karena di waktu tersebut mata akan dimanjakan dengan panorama sunset yang akan terlihat dari ujung danau.

3. Pantai Iboih di Sabang
Maih di seputaran Pulau Weh, dimana ada satu pantai yang cukup dikenal turis lokal maupun asing, namanya pantai Iboih. Pantai ini disebut-sebut menjadi ikon wisata di Pulau Weh, mengapa demikian? Mungkin untuk alasan keindahan alam pantai, baik itu disekitar pantai, flora dan fauna yang hidup disepanjang pantai yang beraneka ragam. Tidak hanya itu, taman bawah laut dari Pantai Iboih tidak kalah cantiknya, dan ombak laut cukup tenang sehingga membuat aktivitas diving dan snorkeling Anda semakin menyenangkan.

4. Pantai Sumur Tiga
Pantai sumur tiga memiliki panorama pantai yang luar biasa, memiliki pasri putih mengkilap dan ombak yang cukup besar di sore hari. Pantai Sumur TIga juga berlokasi di Pulau WEH. Anda bisa datang dan bersantai di pantai ini, sekaligus melakukan beberapa hal menyenangkan seperti berenang, berjalan menyusuri pinggiran pantai , hingga aktifitas snorkeling di waktu-waktu tertentu.

5. Pantai Anoi Itam
Pantai ini berjarak kurang lebih 14 kilometer dari kota Sabang, Pantai ini memiliki ciri khas dan sangat berbeda dari pantai-pantai pada umumnya, khususnya di Pulau Weh. Pantai Ini diberi nama Pantai Anoi Hitam tentus saja karena pasir pantainya yang berwarna khas hitam, unik bukan? menurut beberapa penelitian, penyebab pasir pantai berwarna hitam karena berasal dari letusan gunung berapi. jika penasaran, Anda bisa datang langsung ke Pantai Anoi Hitam, maka rasa penasaran Anda akan terjawab.

6. Benteng Anoi Hitam
Jika Anda penggemar wisata sejarah, maka tempat ini cocok banget untuk Anda kunjungi, tempat tersebut bernaman Benteng Anoi Hitam yang terletak di bagian timur kota Sabang. Ini merupakan salah satu saksi sejarah bahwa Jepang pernah menduduki Wilayah Nusantara, dimana benteng ini menurut pelaku sejarah dulunya digunakan sebagai gudang penyimpanan senjata. Saat ini benteng ini telah dialih fungsikans ebagai salah satu obyek wisata di Sabang.

7. Pantai Ujong Kerong
Nah, wisata pantai yang ke 7 ini di beri naman Pantai Ujong kerong, yang memiliki jarak cukup jauhd ari kota Sabang, yakni sekitar 45 kilometer dari pusat kota Sabang. Pantai ini juga memiliki panorama laut yang masih alami dan asri tidka kalah dengan pantai Iboih dan yang lainnya. Pantai ini banyak digemari oleh traveller dan backpacker yang memiliki kegemaran memancing, ini karena di pantai ini biota lautnya yang hidup dibawah karang pada tepi laut cukup melimpah, dengan mengunjungi tempat ini maka Anda akan merasakan pengalaman memancing yang menyenangkan.

Selain 7 destinasi wisata yang sudah dijelaskan diatas, sebenarnya masih banyak tempat wisata lain di kota sabang yang wajib dikunjungi, namun belum sempat kami review disini, sebut saja destinasi wisata Pulau Rubiah,  Pemandian Air Panas Keuneukai, Pulau Klah, Sabang Hill dan Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Nah, demikian paparan singkat kami tentang Sail Sabang 2017 lengkap dengan destinasi-destinasi wisata menarik di Kota Sabang dan Pulau Weh yang wajib dikunjungi. Jangan lupa datang dan saksikan Sail Sabang 2017 di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Jangan lupa baca artikel lainnya seperti Bangga Menggunakan Jam Tangan Original, dan Toko Modern Fastpay Solusi Belanja Online Tanpa Transfer. Ada juga artikel menarik lainnya tentang Produk Madu Subur MAX, Herbal Penyubur Reaksi Cepat cocok bagi pasangan yang ingin segera hamil dan mendapatkan momongan.

Popular Posts