Mengenal Tanda-Tanda Awal Kehamilan

Pasangan suami istri yang baru menikah tentu belum memiliki pengalaman yang mendalam bagaimana menjalani sebuah keluarga, termasuk memahami bagaimana jika pasangan wanita sedang hamil, benar bukan? Jangan khawatir karena artikel ini akan menjelaskan pada Anda tentang cara mengenali tanda-tanda kehamilan yang dapat di lihat sehari-hari. Bagi yang memiliki masalah sulit hamil silahkan baca artikel : Madu Subur Max, Herbal Penyubur Reaksi Cepat. Langsung saja seperti di kutip dari buku obstetri ginekologi, berikut ini beberapa tanda dan ciri kehamilan yang perlu Anda ketahui.



Adanya Gerakan Janin dalam Rahim
Nah, yang perlu Anda cermati bahwa tanda pertama adanya kehamilan di mulai dengan adanya gerakan janin, untuk mengetahui tanda ini bisa dengan cara melakukan pemeriksaan USG saat Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan. Biasanya dokter obgin maupun bidan bisa memantau dan mengetahui adanya gerakan janin dan memastikan bahwa memang terjadi kehamilan. Dengan demikian pemeriksaan USG bukan hanya untuk melihat jenis kelamin anak dalam kandungan, namun lebih dari itu USG mampu memantau dan memastikan kesehatan kehamilan ibu dengan lebih baik.

Detak Jantung Janin ( DJJ )
Saat terjadi kehamilan nyata atau pasti pada seorang wanita atau ibu maka biasanya seorang dokter kandungan maupun bidan sudah dapat mendeteksi detak jantung janin atau biasa di sebut DJJ dengan menggunakan alat bantu dengar pada pemeriksaan auskultasi dengan stetoskop leanec, alat dopler atau dengan alat kardiotokografi sehingga detak jantung janin dapat di deteksi dengan menggunakan alat-alat tersebut.

Terjadi Perubahan Pada Payudara
Pada kehamilan biasanya di ikuti dengan perubahan-perubahan fisik si ibu salahsatunya pada kedua payudara akan mengalami perubahan menjadi semakin besar, mungkin ini akibat meningkatnya produk hormone estrogen dan progesterone, dan bisanya payudara juga akan teraba lembut, sensivitas semakin tinggi, hingga terasa nyeri dan sakit ketika di pegang. Daerah aerola mammae juga akan mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap dan semakin meluas, terkadang timbul rasa gatal, dan vena biasanya terlihat jelas sebagai akibat peregangan pada payudara.

Morning Sicckness ( Mual dan Muntah di Pagi Hari )
Menurut hasi penelitian bahwa 50% wanita yang mengalami kehamilan akan memiliki tanda-tanda yang di sebut morning sickness, pemicunya tentus aja karena adanya peningkatan konsentrasi hormone secara tiba-tiba di aliran darah hingga menyebabkan mual dan muntah terutama di pagi hari. Hormone tersebut di adalah HGC, selain pada aliran darah peningkatan konsentrat hormone HCG terjadi pada saluran air kencing, makanya tidaklah mengherankan jika tes kehamilan salahsatunya di lakukan dengan pemeriksaan air kencing benar bukan? Jika di temukan konsentrasi hormone HGC dalam urin menjadi ciri-ciri seorang perempuan sedang hamil. Peningkatan kadar HCG akan mengakibatkan rasa pedih pada lapisan perut sehingga menimbulkan rasa mual dan ingin muntah. Gejala morning sickness  biasanya akan berkurang sampai menghilang pada kehamilan trimester kedua ( 3 bulan kedua ), jika terjadi mual dan muntah berlebihan dan terus menerus silahkan konsultasi pada dokter atau bidan.

Demikian beberapa tanda-tanda awal kehamilan yang perlu Anda ketahui, terutama bagi pasangan mudah yang baru menikah. Semoga dengan mengetahui hal tersebut tidak akan membuat Anda khawatir dan bingung ketika istri mengalami hal-hal tersebut diatas. baca juga artikel : Mengapa Anakku Susah Makan Ya ?

Popular Posts