Pakar SEO Bukan Spammer Lho ! Itu Menurut Saya

Sebagian orang berpendapat bahwa seseorang yang mampu mengangkat posisi website atau keyword yang di inginkan ke posisi puncak pencarian google, berarti sudah dianggap sebagai pakar atau ahli SEO, tanpa melihat bagaimana ia melakukannya, bagaimana teknik yang digunakan. Menurut saya sih pakar seo itu pastinya berbeda dengan SEO spammer, meskipun keduanya bisa menempatkan website atau keyword yang dioptimasi ke posisi teratas atau rangking tinggi di pencarian google, namun ada hal mendasar yang membedakan keduanya, sehingga saya berpendapat bahwa pakar SEO atau ahli SEO, sangat berbeda dengan seorang spammer SEO. Nah, sebelum kita lihat alasannya sebaiknya kita lihat dulu pengertian keduanya. OK


Apa Itu Pakar SEO?

Pengertian ini saya kutip dari Wikipedia, kira-kira begini “seorang pakar ialah seseorang yang memiliki pengetahuan ataupun kemampuan luas dalam bidang studi tertentu. Para pakar dimintai nasihat dalam bidang terkait mereka, namun mereka tidak selalu setuju dalam kekhususan bidang studi. Melalui pelatihan, pendidikan, profesi, publikasi, maupun pengalaman, seoran pakar dipercaya memiliki pengetahuan khusus dalam bidangnya di atas rata-rata orang, di mana orang lain bisa secara resmi (dan sah) mengandalkan pendapat pribadi” sedangkan SEO itu sendiri mengandung pengertian “ suatu proses yang dilakukan secara sistematis, dengan tujuan untuk meningkatkan traffic atau volume mesin pencari ( seperti Google ) menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma dari mesin pencari tersebut”

Jadi pengertian PAKAR SEO adalah seseorang yang memiliki kemampuan yang luas, dan mengerti benar bagaimana cara membangun dan meningkatkan traffic dari mesin pencari dengan mengacu dan memanfaatkan mekanisme algoritma, serta mengacu kepada pedoman webmaster ( webmaster guidelines ).

Apa Itu Spammer?

Menurut Wikipedia Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Orang yang melakukan spam disebut spammer. Tindakan spam dikenal dengan nama spamming, dan orang yang melakukannya disebut spammer. Bentuk Spam itu banyak macammnya seperti : spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam wiki, spam iklan baris daring, spam jejaring sosial. spamdexing yang menguasai suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, berita yang tak berguna dan masuk dalam blog, buku tamu situs web, spam transmisi faks, iklan televisi dan spam jaringan berbagi.
Dari pengertian tersebut bisa kita ambil poin pentingnya  bahwa kegiatan SEO spamming yang meliputi  spamdexing, spam blog, spam wiki, spam jejaring social dll, yang bertujuan untuk menguasai dan memanipulasi mesin pencari agar popularitas suatu url meningkat dan mendapatkan posisi baik di pencarian. Cukup jelas bukan?

Perbedaan Pakar SEO dan Spammer SEO Menurut Saya

Saya tidak akan menjelaskan secara detail perbedaan keduanya, cukup hal-hal yang mendasar saja. Seorang pakar SEO biasanya menggunakan cara-cara natural dalam melakukan optimas atau dalam istilah SEO sering disebut dengan Whitehat SEO, sedangkan spammer melakukan dan menggunakan berbagai cara untuk memanipulasi mesin pencari agar mendapatkan rangking tinggi di Google, namun biasanya cara-cara seperti ini hasilnya tidak akan bertahan lama di SERP, dan parahnya lagi jika sudah terdeteksi oleh google sebagai tindakan spam, maka siap-siaplah website akan mendapatkan penalty berat atau deindex, karena Anda melanggar pedoman webmaster dari google.

Tips SEO Off Page dari Pakar dan Praktisi SEO 

 Jika Anda tertarik menggeluti dunia SEO tentu ada beberapa hal mendasar yang perlu sekali di pahami yang nantinya bisa di eksplorasi lebih detail lagi dengan praktisi SEO Anda. Mengapa ini penting di pahami di awal? Banyaknya informasi yang beredar di Internet seputar apa itu SEO ( Search Engine Optimization ) lengkap dengan cara penerapan yang berbeda-beda terkadang membuat Anda bingung dan gamang mana yang harus Anda duplikasi, benar bukan? Tentu saja informasi-informasi tersebut banyak memiliki kelemahan, sebut saja informasi tersebut di update sudah sejak lama, sementara algoritma SERP google selalu berubah-rubah setiap waktu sehingga informasi tersebut tentu sudah sangat tidak relevan, malah sangat bertentangan dengan google webmater guidelines, kabar buruknya jika cara-cara ini Anda duplikasi, maka akan mencederai posisi website Anda di SERP Google. Berikut ini beberapa hal mendasar tentang SEO Off Page yang perlu di ketahui

Bagaimana Google Memberikan Power Terhadap Link Yang di Bangun

Banyak orang yang sering menanyakan tentang link jenis mana yang paling powerfull, Untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya rada-rada susah, mengapa? Karena tidak ada angka-angka pasti yang ditetapkan google untuk menilai kekuatan sebuah link. Hanya saja, berdasarkan pengalaman dari para master dan pakar SEO, mereka bisa menduga-duga jenis mana jenis link yang paling powerfull berdasarkan pengalaman mereka, coba lihat dan pahami beberapa pernyataan berikut ini :
  • Link yang berasal dari sumber berbeda, akan berbeda pula “powernya”
  • Link yang berada di tempat atau posisi yang berbeda, maka akan berbeda juga power atau kekuatannya.
  • Tipe situs yang berbeda akan berbeda juga power link-nya, dan beberap tipe situs lebih kuat linknya dibanding tipe situs lainnya.
  • Di tempat, dimana orang dengan mudah membuat akun dan membuat link sendiri tentu power linknya akan berbeda dengan situs yang hanya memberikan link ke situs ekslusif dan terpercaya.
  • Link yang berasal dari situs atau halaman yang relevan akan berbeda kekuatannya dengan link yang berasal dari situs yang tidak relevan.
Demikian penjelasan singkat antara perbedaan Pakar SEO dengan seorang spammer menurut saya, apapun teknik yang dipilih dalam mengoptimasi website mau dengan cara natural atau un-natural, semua itu ada dalam kendali Anda. Apa Perbedaan Pakar SEO dengan SEO Spammer menurut Anda?

Sumber Rujukan : https://id.wikipedia.org

Popular Posts